Minggu, 16 November 2014

Contoh Laporan Kunjungan Industri

assalamu'alaikum wr.wb
kali ini penulis mencoba mengangkat sebuah laporan kunjungan industri ke sebuah perusahaan. bagi adik-adik yang ingin mengerjakan tugas dengan model yang sama bisa di copy paste n di edit dikit-dikit jadi deh laporan. semoga bermanfaat. inimodel laporannya.

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
DI PT PUTRA NUGRAHA SENTOSA
SURAKARTA


Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Produktif Pemasaran


 










Disusun oleh :

Nama         : Muhammad Nur Rofiq
Kelas          : X
No              : 12



PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI 2
SALATIGA
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DAFTAR ISI

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Kunjungan Industri
B.     Tujuan Kunjungan Industri
C.     Metode Pengumpulan Data
BAB II HASIL KUNJUNGAN INDUSTRI
A.    Tinjauan Umum
1.      Profil dan Sejarah Berdirinya PT Putra Nugraha Sentosa
2.      Struktur Organisasi
3.      Kepegawaian
B.     Tinjauan Khusus
1.      Sistem Produksi
2.      Sistem Pemasaran
BAB II PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran

  
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Kunjungan Industri
Kunjungan Industri dilaksanakan untuk memenuhi tuntutan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menyiapkan tenaga kerja yang handal dan siap pakai, termasuk SMK PGRI Salatiga.
Kunjungan industri ini bagi para siswa dapat menambah pengetahuan yang sifatnya tidak hanya teori, tetapi juga bersifat praktik langsung di lapangan, di samping diikuti program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) selama 3 bulan di dunia industri/ perusahaan.
Arti kunjungan industri adalah suatu kegiatan oleh seseorang untuk mengetahui secara langsung bagaimana cara kerja dalam pemasaran produk di perusahaan.
Di era reformasi dan globalisasi ini mencari pekerjaan tidaklah mudah, apalagi tidak mempunyai keahlian. Untuk itu lulusan SMK dituntut untuk memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang benar-benar kompeten di bidangnya yang dapat diterapkan dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
Dan kunjungan industri merupakan salah satu cara untuk membekali lulusan SMK termasuk keahlian pemasaran di mana jurusan pemasaran dalam kunjungan industri memfokuskan pada sistem pengadaan barang atau proses produksi sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan dan dapat membedakan antara teori yang diberikan oleh sekolah dengan kerja nyata.

B.       Tujuan Kunjungan Industri
Pada dasarnya semua kegiatan yang dilakukan itu mempunyai maksud dan tujuan tertentu.
Pelaksanaan Kunjungan Industri siswa SMK PGRI Salatiga di PT. Putra Nugraha Sentosa Surakarta juga mempunyai maksud dan tujuan tersendiri, yaitu :
1.         Untuk memenuhi dan melengkapi tugas program keahlian Pemasaran.
2.         Untuk mengembangkan dan meningkatkan ketrampilan serta pengetahuan siswa tentang dunia industri dan pengatasan masalah-masalah yang berhubungan dengan dunia kerja yang sesungguhnya.
3.         Untuk menambah inspirasi dan mendorong siswa dalam mempersiapkan/ menciptakan lapangan kerja sendiri atau terjun dalam dunia kerja.
4.         Untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi sesuai dengan program keahlian.
5.         Untuk menambah rasa tanggung jawab pada diri sendiri dan meningkatkan kemampuan siswa untuk bekal memasuki dunia kerja.

C.      Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data-data yang tepat dalam pembuatan laporan ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi :
1.      Metode Dokumentasi
Metode ini merupakan metode yang diperoleh dengan cara melihat dan membaca dokumentasi yang ada di PT. Putra Nugraha Sentosa Surakarta lalu mengutip data yang berkaitan dan dapat digunakan dalam membuat laporan ini.
2.      Metode Observasi/ Pengamatan
Metode ini merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung pada hal-hal yang dilakukan di PT. Putra Nugraha Sentosa, Surakarta.
3.      Metode Wawancara
Metode wawancara adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan wawancara/ tanya jawab kepada pihak perusahaan.

  
BAB II
HASIL KUNJUNGAN INDUSTRI

A.      Tinjauan Umum
1.      Profil dan Sejarah Berdirinya PT Putra Nugraha Sentosa
Berawal dari sebuah penerbitan skala rumah tangga pada awal tahun 1994, kini perusahaan yang bergabung dalam Putra Nugraha Group tumbuh menjadi perusahaan penerbitan dan percetakan berskala nasional.
Sebagai penerbit buku-buku pelajaran dan penunjang pelajaran tingkat SD, SMP, SMA, SMK dan sekolah berbasis Islam, serta dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam menyediakan buku sekolah elektronik dengan harga kompetitif dan memiliki jangkauan pemasaran hampir ke seluruh daerah Indonesia tercinta ini.
Seperti halnya perusahaan lain, Putra Nugraha tumbuh dan berkembang berkat dukungan dan kepercayaan mitra kerja yang selama ini dibina.
Selain itu perusahaan ini berkembang berkat dukungan segenap manajemen dan sumber daya manusia yang profesional.
Melalui produk cetakan yang mengutamakan mutu, menjaga ketepatan waktu dan proses produksi dengan harga yang kompetitif, mereka berharap dapat membantu mitra kerja yang tumbuh dan berkembang pula.
Saat ini CV Putra Nugraha yang beralamat di Jl. Merapi Raya No.17 Mojosongo, Surakarta telah memiliki fasilitas mesin modern yang didukung tenaga ahli di bidangnya.
Dengan kedisiplinan kerja yang tinggi, mereka dapat menyediakan produk dengan mutu terbaik dan proses pekerjaan yang tepat.
Setelah lebih dari 16 tahun CV. Putra Nugraha menggeluti bidang penerbitan dan juga percetakan, CV Putra Nugraha siap mengikuti perkembangan dunia grafis, penerbitan dan cetak mencetak dengan tetap mengutamakan kualitas dan ketepatan waktu serta konsisten dalam menjalin hubungan yang harmonis, berkembang dalam keselarasan dan keseimbangan dengan mitra kerja.

2.      Struktur Organisasi
Adapun struktur organisasi PT Putra Nugraha Sentosa dapat dilihat pada diagram di bawah ini :


                                                                       Struktur Organisasi
 





3.      Kepegawaian


Dengan pengalaman selama delapan tahun menerbitkan buku-buku teks pelajaran dan lembar kerja siswa, Putra Nugraha membuka divisi baru yaitu divisi percetakan (printing) untuk eksternal, percetakan Putra Nugraha yang beralamatkan di Jl. Merapi Raya No.17 Mojosongo, Jebres, Surakarta. Divisi percetakan ini melayani order cetak untuk pembuatan buku, majalah, company profile dan sebagainya. Dengan sistem one stop service, Putra Nugraha menyediakan pelayanan mulai dari bahan baku, proses setting/ layout, percetakan dan finishing sehingga tidak perlu bersusah payah ke banyak tempat untuk menyelesaikan produk cetak.
Divisi percetakan ini melayani divisi penerbitan perusahaan sendiri dan pelanggan dari luar perusahaan, antara lain : para penerbit dari instansi pemerintah / swasta.
Untuk menghasilkan produk yang seefektif dan seefisien mungkin, keseluruhan proses percetakan harus ditunjang dengan seperengkat mesin yang memadai. Hingga Januari sampai Desember 2008, percetakan Putra Nugraha telah memiliki sejumlah mesin canggih yang digerakkan oleh para operator yang handal dan profesional, sehingga mampu memberi pelayanan yang terbaik dalam harga, waktu dan kualitas.
Percetakan Putra Nugraha mempunyai komitmen sebagai mitra kerja yang handal dan terpercaya untuk mewujudkan yang terbaik telah menjadi motor penggerak perusahaan.
Untuk menjadikan layanan yang terbaik dari sistem mereka, mereka selalu berusaha untuk memberikan service dan produk yang terbaik serta mengusahakan produk agar efisien dan produk yang terbaik serta mengusahakan produk agar efisien dan efektif dalam menyampaikan pesan-pesan ke masyarakat.
Mereka tidak hanya mementingkan keindahan karya saja, tetapi juga nilai efisien, keamanan, ketepatan waktu, serta bagaimana karya mereka bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Dan mereka juga akan memberi hasil kerja yang berkualitas.
Menggunakan bahan baku yang berkualitas menjadikan produk cetakan mempunyai kualitas prima dan tahan lama, mempunyai mesin film Katana Image Setter dan plat yang handal.
Dengan didukung mesin cetak HEIDELBERG Speed Master 4 color, untuk finishing tersedia mesin perfect binding Muller Martini yang siap mengerjakan finishing buku dan majalah dengan jumlah besar dan tentu saja tenaga profesional dan handal.

B.       Tinjauan Khusus
1.      Sistem Produksi
Perusahaan PT. Putra Nugraha Sentosa mencetak LKS dari SD, SMP, SMA, SMK, pembuatan naskah atau selebaran pemungutan suara.
Proses percetakan cover pertama dipilih setelah sudah vit talut sisip. Setelah itu proses finishing, sticing, vanishing, proses packing selesai diletakkan di gudang, ditata lalu dipasarkan oleh pihak pemasaran atau bagian pemasaran.
PT. Putra Nugraha Sentosa memproduksi LKS seperti Karisma, Tuntas, Modul, Hayati dan masih banyak lagi.
Waktu yang dibutuhkan untuk proses mencetak tidak bisa diukur. Dalam proses lay out bisa membutuhkan waktu 1 sampai 2 hari. Waktu yang dibutuhkan untuk me lay out semuanya 8 hari lebih.
Sebagai penerbit buku-buku pelajaran dan penunjang pelajaran tingkat SD, SMP, SMA, SMK dan sekolah berbasis Islam, serta dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam menyediakan buku sekolah elektronik dengan harga kompetitif.
Divisi percetakan ini melayani order cetak untuk pembuatan buku, majalah, company profile dan sebagainya.
Dengan sistem one stop service, Putra Nugraha menyediakan pelayanan mulai dari bahan baku, proses setting/ lay out, percetakan dan finishing.
Untuk menghasilkan produk yang seefektif mungkin dan sefisien mungkin, keseluruhan proses percetakan harus ditunjang dengan seperangkat mesin yang memadai.
Dengan didukung mesin cetak HEIDELBERG Speed Master 4 color memungkinkan untuk mencetak full color dengan ukuran plano. Dengan demikian akan menghasilkan cetakan yang lebih bagus dan cepat.
2.      Sistem Pemasaran
Dalam pemasarannya PT. Putra Nugraha Sentosa memasarkan produknya dari Sabang sampai Merauke, ke kabupaten dan ke daerah-daerah.
Dalam pemasaran PT. Putra Nugraha Sentosa melakukan perjanjian kalau tidak boleh dimasuki oleh sales atau produk lainnya.
Untuk menambah pelanggan PT. Putra Nugraha Sentosa setiap tahunnya selalu membuat produk baru dan dikirim ke sekolah-sekolah. PT. Putra Nugraha Sentosa selalu menyesuaikan apa yang dibutuhkan sekolah-sekolah.
Dengan sejumlah mesin yang canggih yang digerakkan oleh para operator yang handal dan profesional, sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik dalam harga, waktu dan kualitas. Dan percetakan Putra Nugraha memiliki jangkauan pemasaran hampir ke seluruh daerah di Indonesia.



BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari hasil melakukan Kunjungan Industri di PT. Putra Nugraha Sentosa dan penulisan laporan, maka penyusun dapat menyimpulkan sebagai berikut :
1.      Dengan adanya Kunjungan Industri, siswa akan mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat yang sangat berguna sehingga dapat bermanfaat di hari depan nanti..
2.      Siswa dapat merasakan manfaat secara langsung karena di PT. Putra Nugraha Sentosa, siswa dapat mengetahui profil dan sejarah perusahaan serta lingkungan dunia usaha, sehingga dapat menjadi bekal untuk terjun ke dunia kerja maupun masyarakat.
3.      PT. Putra Nugraha Sentosa melaksanakan/ menerapkan prinsip-prinsip pemasaran yang memberikan kepuasan pada pelanggannya, sehingga dapat berkembang dengan baik dan merupakan perusahaan yang besar.
4.      PT. Putra Nugraha Sentosa mempunyai banyak cabang perusahaan di Indonesia dan tidak hanya untuk produk Putra Nugraha saja tetapi PT. Putra Nugraha Sentosa menghasilkan produk yang bermacam-macam.

B.       Saran
Kunjungan Industri yang dilaksanakan tahun ini dapat dinilai cukup baik meskipun ada beberapa kekurangan, untuk itu penyusun ingin memberikan saran sebagai berikut :
Saran untuk sekolah :
1.      Kunjungan Industri diharapkan dapat berjalan terus dan harus dilaksanakan secara matang.
2.      Kunjungan Industri harus selalu disesuaikan dengan program keahlian masing-masing.
3.      Dalam memilih sarana transportasi dapat dilakukan secara teliti.
4.      Para guru pembimbing memberikan waktu yang cukup dalam proses bimbingan dan memberi penjelasan dalam pembuatan laporan Kunjungan Industri.

Saran untuk tempat Kunjungan Industri :
1.      PT. Putra Nugraha Sentosa untuk terus memberikan perhatian dan semangat terhadap karyawan.
2.      Segmentasi pasar atau daerah pemasaran untuk dikembangkan dan diperluas terutama dalam negeri.
3.      Pelayanan terhadap konsumen, relasi maupun tamu untuk diperhatikan dan ditingkatkan.

4.      Karyawan atau pegawai untuk lebih ramah kepada para pengunjung.

Demikian , sedikit banyak contoh yang bisa dijadikan sumber bahan bagi adik-adik untuk membantu mengerjakan tugas laporan industri. Lebih bagus lagi kalo dilengkapi dengan lembar pengesahan, motto, kata pengantar, daftar pustaka supaya menjadi laporan yang lengkap dan utuh. ok sekian dulu adik-adik, semoga berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar